Ruang PBSI S1

Jurnal Alinea III Nomor 5 April 2014

PDFCetakEmail

Publikasi - Ruang PBSI S1

Kamis, 07 Agustus 2014 14:36

Jurnal Alinea Volume III Nomor 5 Edisi April 2014 terasa istimewa. Beberapa artikel karya mahasiswa turut diketengahkan kepada para pembacanya. Artikel-artikel itu diambil dari laporan hasil penyuluhan bahasa dan ada pula hasil penelitian yang bertalian dengan tugas akhir. Tulisan itu di antaranya berkenaan dengan penelitian tentang kemampuan dan penggunaan kosakata bahasa Indonesia dan serapan pada tuturan siswa. Metode yang digunakan metode deskriptif bersifat kualitatif analisis. Sumber data berupa transkripsi tuturan siswa dengan guru, dan siswa dengan siswa kelas XI MAN Pacet Cianjur. Kosakata serapan berasal dari bahasa Arab, bahasa Belanda, bahasa Inggris, bahasa Sanskerta, dan bahasa daerah Jawa.

Baca selengkapnya...

 

Jurnal Kependidikan Volume XIV No. 21 - Periode Juli - Desember 2013 Terbit

PDFCetakEmail

Publikasi - Ruang PBSI S1

Minggu, 27 April 2014 01:38

Jurnal Kependidikan volume XIV No. 21 Periode Juli-Desember 2013 kembali terbit dengan memuat delapan artikel hasil penelitian.  Jurnal diterbitkan FKIP Universitas Suryakancana ini merupakan hasil telaah dan penelitian pada pembelajaran Matematika, Pendidikan Pancasila, Olah Raga, Bahasa Indonesia, maupun bidang studi lainnya. Berikut petikan Redaksi Jurnal Kependidikan dalam pengantarnya.

Beberapa artikel mengenai pembelajaran matematika ada dalam terbitan ini, salah satunya, artikel yang menyajikan upaya uji coba  Model Pembelajaran CORE, yakni model pembelajaran yang mencakup empat proses yaitu (1) Connecting, (2) Organizing, (3) Reflecting, dan (4) Extending. Hasilnya, model pembelajaran CORE dengan pendekatan metakognitif mempengaruhi peningkatan pemahaman konsep matematika  siswa SMP. Pada tingkat mahasiswa pun kesulitan belajar banyak terjadi, di antaranya kemampuan koneksi matematis. Ada tiga penyebab utama kesulitan terjadinya hal tersebut, yaitu ide awal, pengetahuan prasyarat dan pemahaman konsep integral yang masih kurang. Selain itu, masih terjadi kesalahan secara prosedural dalam mengerjakan soal. Oleh karena itu, mahasiswa perlu diingatkan kembali tentang pengetahuan prasyarat.

Baca selengkapnya...

 
 

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNSUR Terbitkan Jurnal Alinea Volume II Nomor 4 Edisi OKtober 2013

PDFCetakEmail

Publikasi - Ruang PBSI S1

Senin, 24 Pebruari 2014 02:06

Untuk keempat kalinya Jurnal ALINEA, jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Suryakancana Cianjur.  Jurnal edisi ini berisi hasil eksperimen terhadap model-model pembelajaran guna meningkatkan keterampilan berbahasa menyimak, membaca, dan menulis. Ada juga kajian feminisme dalam puisi karya Sutan Takdir Alisjahbana dan kajian upacara adat Sunda.

Redaksi Jurnal Alinea sangat mengharapkan respon positif  pembaca, baik berupa penelitian lanjutan dari penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ini, maupun kajian terhadap terhadap artikel-artikel dimuat.  Selain itu, dengan dilakukannya beragam penelitian, tergalinya potensi sumber daya alam, sosial, budaya, dan lain-lain sehingga makna dari usaha tersebut berimplikasi logis terhadap penguatan jati diri bangsa Indonesia.

 

Baca selengkapnya...

 
 

Jurnal Alinea Prodi PBSI FKIP Menginjak Tahun Kedua

PDFCetakEmail

Publikasi - Ruang PBSI S1

Selasa, 27 Agustus 2013 22:26

ALINEA: Jurnal bahasa, sastra, dan pengajarannya Volume II Nomor 3 Edisi April 2013 kembali hadir ke hadapan pembaca.  Jurnal diterbitkan Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menyajikan beberapa hasil penelitian, baik penelitian dasar maupun terapan disajikan pada nomor ini. Pada terbitan kali ini, penelitian terapan dilakukan di tingkat dasar dan menengah.  Tidak seperti biasanya, siswa  berkebutuhan khusus disleksia  di  salah satu sekolah dasar inklusi mendapat perhatian dari salah seorang penulis.  Teknik Multisensori digunakan bagi peningkatan keterampilan membaca bagi siswa berkebutuhan khusus tersebut ditulis oleh Agus Supriatna dari instansi PPPPTK TK dan SD Bandung.

Di samping tulisan di atas, terdapat pula  tulisan yang mengkaji karya sastra, khususnya puisi dan cerpen. Karya tersebut memungkinkan pembaca untuk memahami hubungan antara minat belajar dan kecerdasan emosi dengan kemampuan mengapresiasi puisi oleh Yanti Handayanti dari SDN Cikancana I Gekbrong Cianjur.  Analisis Sintagmatik dan Paradigmatik ditulis Neneng Maelasari  dari Universitas Bale Bandung. Selain itu, cara menemukan makna dalam puisi oleh Muhamad Akhrom. Demikian pula dengan dianalisisnya cerpen secara sintagmatik dan paradigmatik. Kedua kajian itu semoga semakin mengukuhkan manfaat berkreasi bagi pengembangan karakter.

Baca selengkapnya...

 
 

Seminar Hardiknas 2013, Membentuk Karakter dalam Persfektif Berbahasa

PDFCetakEmail

Publikasi - Ruang PBSI S1

Rabu, 22 Mei 2013 12:58

Rektor UNSUR menabuh gong pertanda seminar Hardiknas 2013 dibuka.

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMJ PBSI), UKM WARAS (Warung Sastra) dan IMABSII menggelar seminar hardiknas  bertema "Membentuk Kepribadian Mahasiswa dalam Persfektif Berahasa dan Bersastra Indonesia".  Seminar di bawah kepanitiaan Arbi Sanit ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna FKIP Universitas Suryakancana, Sabtu, 18 Mei 2013.

Kegiatan seminar dibuka oleh Rektor UNSUR, Prof. Dr. H. Dwidja Prijatno, S.H, M.H, Sp.N. Dalam sambutannya Rektor mengungkapkan bahwa  bahasa Indonesia  penting dalam pergaulan internasional, di mana penggunanya semakin banyak di belahan dunia, bahkan di beberapa negara cukup diminati dan Kedutaan Besar membuka pengajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing.  Bahasa Indonesia  digunakan pula di kawasan regional.   Sebagai bahasa berbasis rumpun bahasa Melayu, bahasa Indonesia memiliki kemiripan dengan bahasa  di negara ASEAN lainnya, seperti: Malaysia, Brunei Daruusalam, maupun Singapura.

Baca selengkapnya...

 
 

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL