Jumlah Karya Tulis Indonesia Meningkat

PDFCetakEmail

Publikasi - Berita Ilmiah

Sumber: laman Kemendikbud RI | diposkan 26 Februari 2013

Bojongsari, 11 Februari 2013 - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, dalam jumpa pers Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2013, Senin,  (11/2) menerangkan bahwa jumlah karya tulis Indonesia mengalami peningkatan yang cukup berarti. “Sekarang kita sudah mengalahkan Vietnam dan beberapa negara lainnya, jumlah naiknya sekitar 3000-an,” jelas Mendikbud.

Menurut Mendikbud peningkatan tersebut merupakan hal yang patut diapresiasi mengingat pada awal milenium hingga beberapa tahun ke belakang grafik karya tulis Indonesia terhitung statis dan tidak mengalami peningkatan.

“Hasil ini harus kita syukuri meskipun kita sendiri tentunya belum puas,” ujar Mendikbud.

Peningkatan ini menurut Mendikbud mengindikasikan bahwa surat edaran Dirjen Pendidikan Tinggi no: 152/E/T/2012 perihal publikasi ilmiah yang berisi kewajiban menulis karya ilmiah atau makalah pada jurnal ilmiah bagi lulusan program Sarjana, program Magister pada jurnal nasional yang terakreditasi Dikti dan program Doktor pada jurnal internasional berhasil memberi dampak positif sekaligus mendongkrak peningkatan hasil karya ilmiah di Indonesia.

Kabar lainnya yang mengembirakan adalah meningkatnya kualitas pendidikan Indonesia menurut data yang terakhir dirilis oleh OECD  bulan Februari 2013. “Menurut data OECD dirilis terakhir, posisi pendidikan Indonesia mengalami peningkatan, pada equality kita meningkat  7% dan pada performance pendidikan kita meningkat 30 %, hal ini pun harus kita syukuri,” ucap Mendikbud. (Firman Hidayat | Kemdikbud) ****