Kuliah Lapangan

Penelitian Mahasiswa Sosiolinguistik di Jambudipa

PDFCetakEmail

Aktivitas Kampus - Kuliah Lapangan

Senin, 11 April 2016 03:57

Sebanyak 32 mahasiswa Program Magister Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pascasarjana UNSUR Cianjur mengadakan penelitian lapangan di Jambudipa, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur. Penelitian ini dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Sosiolinguistik semester ini. Adapun topik kajian ini adalah upaya memahami pengunaan bahasa dalam masyarakat dan adat budaya di desa Jambudipa.  Kegiatan ini dilakukan  selama dua hari, yaitu Sabtu-Minggu, 9-10 April 2016.

Baca selengkapnya...

 

Mahasiswa PBSI S-2 Kunjungi ERASMUS HUIS dan PDS HB JASSIN

PDFCetakEmail

Aktivitas Kampus - Kuliah Lapangan

Ditulis oleh Administrator Sabtu, 01 November 2014 13:45

Sebanyak 42 mahasiswa Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S-2) Universitas Suryakancana melakukan studi lapangan ke Pusat Kebudayaan Belanda dan Pusat Dokumentasi Sastra HB. Jassin Jakarta (Jum’at, 24 Oktober 2014). Mereka berangkat dari Hypermart Square Cianjur pukul 06.00 WIB menggunakan bus.  Peserta studi lapangan didaimpingi oleh staf PBSI S-2, yakni Desi Asri Maryani, S.Pd. dan Rizal Barnabas, S.Pd.

Peserta tiba di Erasmus Huis, Jl HR Rasuna Said Kav S-3, Setiabudi, Jakarta Selatan 12950,  tepat pukul 10.00 WIB. Menurut Ketua rombongan, Hadiyana, S.Pd., rombongan diterima oleh Direktur Pusat Kebudayaan Belanda. Mahasiswa langsung mengamati foto-foto mengisahkan kisah masyarakat Jawa yang tinggal di Suriname, kemudian melakukan tanya jawab, dan memasuki perpustakaan.

Baca selengkapnya...

 
 

Studi Lapangan Sosiolinguistik 2014 di Cisolok

PDFCetakEmail

Aktivitas Kampus - Kuliah Lapangan

Minggu, 20 April 2014 18:33

GAMBAR. Peserta sesaat sebelum meninggalkan Cisolok melakukan foto bersama di Karanghawu, Cisolok (19/4)

 

MAHASISWA semester 1 dan 2 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S-2 Universitas Suryakancana Cianjur mengadakan studi lapangan atau Penelitian Lapangan mata kuliah Sosiolinguistik di Cisolok  Kabupaten Sukabumi.  Kegiatan penelitian dilakukan selama dua hari, Jum'at-Sabtu, (18-19 April  2014). Kegiatan ini bersamaan dengan kegiatan Pengabdian Masyarakat di SMPN 1 Cisolok, 19 April 2014 (Beritanya Link di Bawah artikel ini). Sebelumnya di tahun yang lalu, mahasiswa bahasa UNSUR dan UPI Bandung mengadakan penelitian pada masyarakat pesisir pantai selatan Jawa Barat ini secara bersamaan.

Peserta studi lapangan terdiri mahasiswa semester 1 berjumlah 17 orang dan mahasiswa semester 2 berjumlah 21 orang.  Cikahuripan menjadi tempat menarik dikaji sebagai desa pesisir yang diprogramkan pemerintah  sebagai desa peradaban di Indonesia. Di lokasi ini, terdapat pelabuhan dilengkapi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cikahuripan.

Baca selengkapnya...

 
 

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL